Friday, April 20, 2012

Masi tentang Pisang

Kita lanjutkan obrolan kita tentang pisang ya....
Sampe mana ya kemarin ? O ya, tentang perkembang biakannya.
Dari perkembang biakannya, Pisang yang biasa kita konsumsi digolongkan ke dalam pisang buah (Musa Paradisiaca), yang terbagi dalam 4 golongan, yaitu :
Golongan pisang yang langsung bisa dapat dimakan setelah matang atau lazim disebut pisang meja. Yang termasuk golongan ini diantaranya adalah pisang kepok, pisang susu, pisang mas, dan pisang ambon.
Golongan pisang yang dapat dimakan setelah diolah terlebih dahulu, misalnya pisang tanduk dan pisang kapas. Hasil olahannya meliputi tepung, pati, sirup glukosa, tape & keripik
Golongan pisang yang dimakan langsung setelah masak ataupun setelah diolah terlebih dahulu. Contohnya pisang raja. Contoh hasil olahannya antara lain sale, dodol, selai pisang, pisang goreng, pisang rebus, kolak, dsb.
Golongan terakhir adalah pisang yang dapat dimakan sewaktu masih mentah. misalnya pisang kluthuk, yang biasanya digunakan sebagai campuran rujak. 

Wah, ternyata 'cerita' tentang pisang banyak juga ya. Padahal belum juga tau manfaatnya loh. Yuk kita lanjutkan ceritanya.

Berdasarkan hasil penelitian, pisang mempunyai kandungan Kalium yang tinggi, sehingga diyakini mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan memperlancar pengiriman oksigen ke otak.

Adapun kandungan vitamin A yang cukup tinggi berguna juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut), kulit bersisik dan kebutaan.


Selain itu manfaat pisang lainnya adalah berguna untuk membersihkan usus besar yang selanjutnya akan membantu memulihkan buang air besar secara teratur a.k.a berfungsi sebagai obat pencahar alami.

Kandungan vitamin lainnya adalah vitamin B6 yang membantu mengatur tingkat gula darah dan akan berefek positif pada suasana hati kita.

Yang paling fenomenal, ternyata pisang bermanfaat juga untuk membantu kebiasaan mereka yang merokok. Karena memiliki kandungan vitamin B12 dan B6 yang bersama dengan Kalium dan Magnesium membantu dalam memulihkan fungsi paru-paru dari efek penghentian nikotin.

O ya, yang ngga kalah 'dasyat'nya manfaat pisang, terutama bagi kaum wanita yang suka khawatir kelebihan berat badan adalah bahwa karena memiliki efek antacid secara alami dalam tubuh, pisang ternyata mampu menyingkirkan dan membakar. Jadi pastikan untuk memilih pisang sebagai makanan penutup untuk menjaga perut anda tidak buncit.

"Hehehe...ternyata buah sederhana bernama PISANG...yang bisa kita jumpai setiap saat, menyimpan banyak manfaat bagi tubuh kita. Subhanallah."

So, kenapa ragu untuk mulai mengkonsumsi pisang secara teratur.

No comments:

Post a Comment