Wednesday, April 18, 2012

Mengenal Lebih Dekat Si Jambu Biji

Tadi pagi sudah membuat & merasakan segarnya jus jambu biji merah.
Alhamdulillah.
Yuk, mengenal lebih dekat si Jambu Biji...

Jambu batu (psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu kluthuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brasil, yang kemudian dibawa masuk ke Indonesia melalui Thailand.

Untuk Jus, kita membutuhkan daging buah jambu biji yang berwarna merah segar. Mengapa begitu ? Karena warna mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin C untuk kesehatan mata dan mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang dimaksud adalah Likopen, antioksidan pelawan kanker. Kandungan likopen yang ada dalam jambu biji lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan bila berasal dari tomat. Menurut penelitian, konsumsi yang cukup sangat berpengaruh pada penurunan resiko kanker prostat pada pria.

Selain itu, bila kita dikonsumsi secara teratur, jus jambu biji yang mempunyai kandungan vitamin C - 4 kali lebih tinggi dibanding vitamin yang terkandung dalam buah jeruk - akan mencegah penyakit sariawan perut yang di tandai dengan gusi bengkak dan berdarah.

Manfaat lainnya adalah sebagai bahan obat tradisional untuk pencegah diare. Cara membuatnya mudah sekali, petik 3 helai jambu biji kemudian direbus dengan 2 gelas air putih. Air rebusannya kemudian disaring dan diminumkan pada orang yang terkena diare.

Adapun Jus jambu biji "bangkok" juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue.
"Penelitian terakhir menyebutkan bahwa bila kita mengkonsumsi jambu biji secara teratur, akan mengindari serangan jantung, mengingat buah ini mengandung hipoglikemik (penurunan gula darah) dan kaya akan serat yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol."

Subhanallah.....ternyata manfaat alaminya banyak sekali ya.
Jadi, tunggu apa lagi untuk segera mengkonsumsi jambu biji.

No comments:

Post a Comment